Searching...
6.04.2011

Kriptografi

Definisi Kriptografi

Kriptografi (cryptography) berasal dari Bahasa Yunani: “cryptós” artinya “secret” (rahasia), sedangkan “gráphein” artinya “writing” (tulisan). Jadi, kriptografi berarti “secret writing” (tulisan rahasia). Ada beberapa definisi kriptografi antara lain : Kriptografi adalah ilmu matematika untuk mengenkripsi dan mendekripsi data [PGP, 2004]; Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data, serta otentikasi [Menezes, 1996]; Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan (Cryptography is the art and science of keeping messages secure) [Schneier, 1996] dan dilakukan oleh kriptografer (cryptographer).


Terminologi Kriptografi

Plainteks (Plaintext) atau cleartext (P) adalah pesan yang dimengerti atau belum disandikan. Sedangkan cipherteks (ciphertext) (C) adalah pesan yang telah disandikan. Enkripsi (encryption) adalah proses untuk merubah plainteks menjadi chiperteks. Sebaliknya Dekripsi (decryption) adalah proses merubah chiperteks menjadi plainteks.
Sistem kriptografi (Cryptographic system) atau kriptosistem (cryptosystem) adalah suatu fasilitas untuk mengkonversikan plainteks ke cipherteks dan sebaliknya. Dalam sistem ini, seperangkat parameter yang menentukan transformasi pencipheran tertentu disebut suatu set kunci. Proses enkripsi dan dekripsi diatur oleh satu atau beberapa kunci kriptografi. Sedangkan algoritma-algoritma kriptografi disebut cipher.
Secara umum, proses enkripsi dan dekripsi dapat ditunjukkan seperti gambar berikut.

Secara matematis proses enkripsi dapat ditulis
E(P)=C
di mana fungsi enkripsi E memetakan plainteks P ke cipherteks C, dan sebaliknya proses dekripsi dapat ditulis
D(C)=P
di mana fungsi D memetakan cipherteks C menjadi plainteks P. Sehingga dari kedua persamaan di atas didapatkan
D(E(P) )=P dan
E(D(C))=C

by Lalu Galih Gasendra

Pustaka:
•Baldoni, M.W., Ciliberto, C., & Piecantini Cattaneo, G.M. (2009). Elementary Number Theory, Cryptography and Codes. Heidelberg: Springer.
•Lidl, R., & Pilz, G.(1997). Applied Abstract Algebra, Second Edition. New York: Springer.
•Menezes, A. J. ,van Oorschot, P. C, and Vanstone, S. S. (1996). Handbook of Applied Cryptography. USA: CRC Press, Inc.
•Munir, R. (2004). Diktat Kuliah IF5054 Kriptografi. Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.
•PGP. (2004). An Introduction to Cryptography. New York: PGP Corporation.
•Schneier, B. (1996). Applied Cryptography: Protocols, Algorithms, and Source Code in C, 2nd edition. John Wiley and Son, Inc.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!